16 June 2020

IKHTIAR NYATA CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DI KECAMATAN LEMAHSUGIH


IHTIAR NYATA DAN SUNGGUH-SUNGGUH
KECAMATAN LEMAHSUGIH CEGAH PENYEBARAN COVID-19

Kecamatan Lemahsugih sebagai wilayah Kecamatan yang berada di perbatasan dengan Kabupaten lain menanggapi dengan sigap tentang pencegahan dan penanganan penyebaran Virus Covid-19 yang melanda hampir disemua Negara.

Menindaklanjati Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Kewaspadaan Pencegahan dan Penanganan COVID-19 (CORONAVIRUS INFEKSI DISEASE - 19) di Gedung Yudha Karya Abdi Negara, Rabu (04/03/2020) guna menangkal penyebaran virus corona di Majalengka dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Majalengka, Ketua DPRD Majalengka, Kapolres Majalengka, Ketua Kajari Majalengka, Sekda Kab. Majalengka, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Para Kepala Perangkat Daerah, Ketua MUI, Pimpinan Perusahaan, dan undangan lainnya
Pemerintah Daerah Kab. Majalengka sangat serius dalam upaya mengambil langkah-langkah kolektif dan terpadu Kesiapsiagaan Kewaspadaan Pencegahan dan Penanganan COVID-19 hal ini sejalan dengan intruksi Gubernur Jawa Barat yang telah menetapkan siaga 1 untuk covid-19 Menurut Bupati Ada lima Langkah yang akan diambil diantaranya
1.   Membentuk crisis center yang salah satu fungsinya sebagai satu-satunya pusat informasi tentang covid-19 sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan benar tentang virus ini
2.   Meminimalisir informasi kepada masyarakat tentang covid 19, tidak gegabah dan asal menyampaikan informasi sebelum memperoleh informasi yang utuh, valid dan benar. Sehingga masyarakat tidak bingung dan tetap waspada.
3.    Kesiapan RSUD dalam menghadapi covid -19 baik tenaga medis maupun fasilitas kesehatannnya serta daya dukung lainnya dan apabila terjadi indikasi pasen teripeksi segera tangani sesuai prosedur dan standar penanganan yang sudah ditetapkan.
4.  Kepada perusahaan yang terdapat warga asing segera mendata dan melaporkan kepada tim krisis baik yang menetap maupun yang mobile
5.   Melakukan ikhtiar batin yaitu mengembalikan semua persoalan termasuk covid-19 kepada Alloh SWT karena yakin semuanya berjalan sesuai kehendaknya. Hal ini dilakukan setelah melakukan ikhtiar lahir. Mengerahkan semua kekuatan baik scara struktural pemerintah daerah, kecamatan sampai desa dan didukung kekuatan-kekuatan organisasi kemasyarakatan dan keumatan.

Ikhtiar yan dilakukan maka ditiap desa dibentuk Tim Penanggulangan Covid 19 didirikan posko penanggulangan Covid-19 dan juga didirikan Posko pemantauan di perbatasan Majalengka Sumedang yang berlokasi di Desa Dayeuhwangi, serta di perbatasan Majalengka- Ciamis yang berlokasi di desa Cipasung,  petugas dari Dinas Perhubungan, Kecamatan, Polsek Lemahsugih, Koramlil Lemahsugih, SATPOL PP Kab. Majalengka, Desa-Desa se- Keca.Lemahsugih dan juga UPTD yang ada di kecamatan Lemahsugih, Bantarujeg, Malausma bekerjasama dengan elemen masyarakat yang dimotori rekan-rekan Karang Taruna, LSM GMBI, Pemuda Pancasila secara bersama-sama melakukan penjagaan, pembagian Masker bagi pengguna jalan di pos perbatasan. Disamping itu juga Para Kepala Desa dengan menggandeng para pengurus Karang taruna Desa mengadakan penyemprotan disinspektan ke lingkungan  pemukiman dan juga tempat Ibadah serta sepanjang jalan.

Sosialisasi tentang Virus Corona dan cara pencegahan dilakukan oleh Camat beserta unsur Muspikan dan Puskesmas baik dengan menggunakan Mobil keliling dan juga menggunakan pamphlet, Brosur dan Spanduk, hampir sekitar 3 bulan lamanya dilakukan pemantauan dan penjagaan di pintu perbatasan dari arah Sumedang dan dari Ciamis.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 tersebut, sehingga pada pelaksanaan Sholat Iedul Fitri pun untuk beberapa Mesjid yang menurut pengamatan tim penanngulangan Covid 19 Kecamatan Lemahsugih perlu untuk dilakukan penutupan, maka Camat Lemahsugih beserta unsur Muspika dan MUI menyampaikan kepada pengurus Mesjid (DKM) di beberapa masjid untuk tidak dilakukan sholat Iedul Fitri. 

Pemberian sembako bagi masyarakat yang terdampak baik yang berasal dari BLT DD, Bantuan Bansos Kemensos, Bansos Provinsi dan juga dari Bansos Kabupaten Majalengka Majalengka RAHARJA, untuk membantu menringkankan beban masyarakat akibat dampak dari Covid-19.


























Sehubungan penanganan Covid akan difokuskan pada penegakan disiplin pada tempat keramaian maka untuk posko perbatasan hanya sampai tgl 12 JUni 2020, Maka pada Penutupan PSBB di Posko Perbatasan Sumedang-Majalengka di Desa Dayeuhwangi Sabtu 13 Juni 2020 pukul 08.00 Camat Lemahsugih Deden Supriatna, S.Pd, M.MPd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisifasi aktif dalam ikhtiar pencegahan penyebaran Covid 19- dengan ucapan semoga amal baik semuanya dicatat sebagai amal Soleh yang mendapat ganjaran kebaikan yang berlipat ganda dari Alloh SWT, semoga kita semua terhindar dari Wabah Covid-19 dan masyarakat Kec.Lemahsugih khususnya tidak ada yang terjangkit... 
tetap laksanakan protokol kesehatan Covid-19 jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan jaga kesehatan. 
Disqus Comments